UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS MELALUI METODE DEMONTRASI PADA SISWA KELAS VIII A SMP BUDI AGUNG MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

  • MUHAMMAD SYALEH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar renang gaya bebas pada siswa kelas VIII SMP Budi Agung Tahun Ajaran 2017/2018, melalui metode demontrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil tes siswa yang berbentuk aplikasi renang gaya bebas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Melalui metode demontrasi, sangat baik untuk meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas pada siswa kelas VIII SMP Budi Agung Tahun ajaran 2017/2018. Dari analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hal ini diketahui dari tes awal 9 siswa yang tuntas (28,12%) dan 23 siswa tidak tuntas (71,87%) dengan nilai rata-rata 53,38, disiklus I terdapat 17 siswa yang tuntas (53,12%) yang tidak tuntas 15 siswa (46,87%) dengan nilai rata-rata 60,41 dan siklus II terdapat 29 siswa yang tuntas (90,62%) dan tidak tuntas 3 siswa (9,37%) dengan nilai rata-rata 76,56.

Published
2019-01-10
How to Cite
SYALEH, MUHAMMAD. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS MELALUI METODE DEMONTRASI PADA SISWA KELAS VIII A SMP BUDI AGUNG MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Volume 6 No 2, September 2018, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 52-59, jan. 2019. ISSN 2338-6029. Available at: <http://www.stok-binaguna.ac.id/jurnal/index.php/vol6-02-2018/article/view/168>. Date accessed: 19 june 2019.