UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 36 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • PUMAREKA TARIGAN
  • AHMAD AL MUNAWAR

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap sikuls terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil tes siswa yang berbentuk penelian portopolio. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil penelitian dilihat dari ketuntasan siswa secara klasikal, sementara metode yang digunakan adalah metode tindakan kelas.
Berdasarkan data awal yang didapat sebesar 13 orang siswa (37,1%) tuntas dalam pembelajaran sementara 22 orang siswa (62,9%) tidak tuntas dalam pembelajaran. selanjutnya hasil belajar pada siklus I, sebesar 24 orang siswa (68,6%) tuntas dalam pembelajaran sementara 11 orang siswa (31,4%) tidak tuntas dalam pembelajaran. Pada siklus II sebesar 31 orang siswa (88,6%) tuntas dalam pembelajaran sementara 4 orang siswa (11,4%) tidak tuntas dalam pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Published
2019-01-10
How to Cite
TARIGAN, PUMAREKA; MUNAWAR, AHMAD AL. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 36 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Volume 6 No 2, September 2018, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 76-85, jan. 2019. ISSN 2338-6029. Available at: <http://www.stok-binaguna.ac.id/jurnal/index.php/vol6-02-2018/article/view/171>. Date accessed: 19 june 2019.